End_Kha Zone

Wilujeng Sumping…….

Manajemen Kesiswaan

Selamatkan Pendidikan, Tingkatkan SDM

Sabtu, 3 Februari 2007

Ketapang,- Sertifikat ISO 9001:2000 yang pertama kali diberikan di Kalbar direspon positif, salah satunya Komite SMKN 01 Ketapang. Menurut Kasimo, saat sekarang negara ini banyak menghadapi krisis. Paling parah adalah krisis ekonomi.

“Menghadapi globalisasi tentunya yang perlu dibenahi adalah pendidikan, terutama menyangkut Sumber Daya Manusia (SDM), pendidikan harus diselamatkan,” kata Kasimo, Komite SMKN 01 Ketapang kepada Pontianak Post, kemarin. Setelah pendidikan berkualitas, maka sumber daya manusia yang dihasilkan dapat meningkatkan kemampuan menghadapi era globalisasi. Dengan diberikannya sertifikat ISO 9001:2000 ke SMKN 01 (SMKN 02 Ketapang akan menyusul, Red), maka ini memberikan citra yang baik bagi sekolah. Hasil kerja tim ini, juga melibatkan komite sekolah. Karena itu komite SMKN 01 Ketapang mendukung sepenuhnya suatu kepedulian terhadap nilai pendidikan.

Lebih jauh, Kasimo menuturkan, komite dibentuk tidak hanya mengurus uang sumbangan. Tetapi juga harus peduli dengan proses mengajar sehingga mendapat ISO 9001:2000.

Secara terpisah, Pemkab Ketapang mengucapkan terima kasih dan menyambut baik diterimanya sertifikat ISO 9001: 2000 terhadap SMKN 01 Ketapang. Menurut Drs F.Sungkalang, asisten I Setda Ketapang, diserahkannya sertifikat ISO 9001: 2000 berarti telah diakui secara internasional standar mutu manajemen yang telah dilaksanakan selama ini.”Keberhasilan ini berkat kemampuan dan kerja keras dari semua unsur yang terlibat di sekolah maupun dengan masyarakat dan pemerintah ” kata asisten 1 Bidang pemerintahan ini.

Karena itu pihak SMKN 01 Ketapang dapat mempertahankan kepercayaan yang diberikan. Sertifpikat manajemen mutu itu diharapkan dapat memacu peningkatan sistem manajemen sekolah dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia.

Untuk diingat, Joko Purwanto yang mewakili URS (The United Register of Systems-UK) menerangkan, PT URS Indonesia cabang URS Inggris telah melakukan audit terhadap sistem manajemen mutu yang diterapkan di SMK Negeri 1 Ketapang. Ruang lingkupnya adalah “Management of Vocational School”. Ini sesuai dengan standar internasional ISO 9001 versi tahun 2000. Proses audit dimulai dengan melakukan penilaian terhadap kecukupan dokumentasi sistem manajemen mutu oleh auditor URS Jakarta.

Selanjutnya audit dilakukan di SMKN 01 Ketapang melalui penilaian terhadap seluruh fungsi dan bagian yang ada di SMKN 01 Ketapang. Penilaian itu mencakup kurukulum, hubungan masyarakat, kerjasama industri, sarana, kesiswaan, tata usaha, bimbingan dan penyuluhan, usaha kesehatan sekolah dan manajemen SMK Negeri 01 Ketapang. Audit dilakukan melalui observasi wawancara dengan para personel, audit terhadap rekaman atau catatan mutu serta kegiatan operasional. Berdasarkan hasil audit terbukti bahwa aktivitas yang dilakukan oleh SMK Negeri 01 Ketapang ditujukan untuk memberikan kepuasan kepada pelanggannya, terutama kepada para siswa.

“Tidak ditemukan satupun aktifitas atau proses yang dilakukan untuk merugikan pelanggannya,” terang Jo Purwanto.

Selama dalam audit ditemukan pula adanya komitmen yang tinggi terhadap sistem mutu dan peningkatan berkelanjutan baik manajemen maupun seluruh personel SMK Negeri 01 Ketapang. Dia melanjutkan, pada tanggal 08 Januari 2007 sertifikat ISO 9001 versi 2000 untuk SMKN 01 Ketapang diterbitkan. Serah terimanya dilakukan kemarin yang disaksikan siswa, orang tuan siswa serta Muspida Ketapang.

Joko Purwanto menerangkan sertifikat itu terakreditasi oleh UKAS (United Kingdom Accredutation Service). Ini adalah badan akreditasi perwakilan dari pemerintah Inggris dan diakui lebih dari 141 negara.

Dengan sertifikat tersebut berarti SMK Negeri 01 Ketapang berhasil membuktikan bahwa sistem manajemen mutunya telah memenuhi standar internasional ISO 9001:2000. “Kami berharap masa-masa yang akan datang SMKN 01 Ketapang tetap konsisten dalam menerapkan sistem manajemen mutu dan secara terus menerus.

Mei 24, 2009 - Posted by | Manajemen Kesiswaan

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: