End_Kha Zone

Wilujeng Sumping…….

Evaluasi Pembelajaran

SEKOLAH BAHASA INGGRIS DI LUAR NEGERI ?

Senin, 13 April 2009 | 11:03 WIB

LTF

JAKARTA, KOMPAS.com – Memang, meskipun sedikit lebih mahal, pilihan tersebut merupakan “metode tercepat” untuk meningkatkan skil bahasa Inggris Anda. Sejak membuka mata di pagi hari hingga menjelang lelap di malam hari, Anda akan dikelilingi oleh segala hal yang serba berbahasa Inggris.

Secara alami dan otomatis, kondisi tersebut memang akan meningkatkan ketajaman Anda berbahasa. Tak hanya secara formal sesuai tren terkini tata bahasa, melainkan juga perbendaharaan kata, bahkan bahasa gaul sekali pun. Mulai dari ruang kelas, kantin, bioskop, kafe, koran, televisi, radio, dan sebagainya di sekitarnya, akan memaksa Anda berbahasa Inggris setiap waktu.

Hanya saja, tidak gampang memilih sekolah biar tidak “tekor” di kantong. Ambil contoh, saat memilih ke Inggris atau Kanada sebagai negara tujuan studi Anda, misalnya.

Beruntungnya, kehadiran internet saat ini terbuka lebar untuk Anda membuka jendela informasi mengenai segala panduan atau tuntunan memilih studi di sana. Di Indonesia pun, banyak agen pendidikan siap membantu. Untuk itulah, ada beberapa hal di bawah ini yang mungkin bisa membantu Anda sebelum memilih sekolah:
Metode dan Kurikulum

– Ketahui kurikulumnya dan buat perbandingan pilihan kurikulum dari beberapa sekolah
– Tidak ada salahnya mengetahui lebih jauh track records si pembuat kurikulum. Hal itu akan berkaitan dengan metode pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk mengukur perkembangan Anda sendiri di masa studi selanjutnya

Kualifikasi Guru

– Bagaimana kualifikasi calon guru Anda di sana? Tidak sedikit sekolah di sana yang memunyai guru-guru kurang berkualifikasi, yang hanya memakai buku pedoman standar

– Setinggi apa tingkat pergantian guru di sana?

– Berapa lama sudah mereka mengajar di sekolah tersebut? Dan, bagaimana kualitasnya?
– Bagaimana jika dibandingkan kualitas pengajar asing yang pernah Anda temui di sini?

Aturan Main

Adakah kebijakan yang akan membuat Anda tak pernah lepas menggunakan bahasa Inggris Anda? Perlu diingat, Anda khusus datang untuk bersekolah bahasa. Alhasil, sejatinya segala kondisi dan lingkungan sekitar yang diciptakan di tempat studi tersebut harus membuat Anda menerapkan konsep “English Day” setiap hari.

Fasilitas Pendukung

Pastikan, bahwa hal pendukung proses belajar mengajar seperti perpustakaan dan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi akan melengkapi kemampuan Anda meng-update dan meng-up grade kemampuan berbahasa Anda setiap hari. Hal ini akan terkait dengan kekinian bahasa di luar kurikulum dan menjadi pengetahuan umum tambahan Anda secara signifikan

Kisaran Biaya

Tidak sama dengan di sini, karena hitungan biaya sekolah di sana kerap memakai sistem per jam, baik itu menggunakan jumlah jam per minggu atau jumlah kelas per minggu. Sebutlah contohnya, program yang menawarkan 20 jam per minggu dengan rate biaya sekitar $300 ($15 per jam). Tentunya, kisaran biaya ini lebih murah ketimbang program yang menawarkan 20 kelas per minggu.

Biaya yang ditawarkan, misalnya, untuk program 20 kelas per minggu itu sebesar $275. Bandingkan, jika lamanya waktu belajar untuk satu kelas adalah 45 menit, terhitung biaya per jam yang harus Anda bayarkan adalah sebesar $18.33. Terhitung, biaya sekolah Anda jadi lebih mahal sekitar $3 per jam.

Memang, $3 per jam bukan jumlah besar.Tetapi jangan terbuai, karena kesan itulah yang biasanya muncul pertama kali. Karena jika mau lebih dicermati lagi, semisal kalikan selisih biaya tersebut dengan waktu studi Anda selama 6 bulan, tak pelak jumlah tersebut akan cukup besar memengaruhi pengeluaran Anda.

Mei 30, 2009 - Posted by | Evaluasi Pembelajaran

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: