End_Kha Zone

Wilujeng Sumping…….

Manajemen Sarana dan Prasarana

OPERATOR DILARANG BERI NOMOR KE PARPOL

Kamis, 7 Agustus 2008 | 09:45 WIB

KOMPAS/AW SUBARKAH

Sumber : KONTAN

JAKARTA, KAMIS – Ini peringatan bagi para operator telepon. Jangan sekali-sekali memberikan nomor telepon pelanggan kepada partai politik (parpol). Apalagi tujuannya untuk menyalurkan isi kampanye parpol.

Itulah salah satu poin penting hasil pembahasan aturan penggunaan layanan pesan singkat atau short message service (SMS) dan sarana telekomunikasi untuk kampanye pemilihan umum (pemilu). Pemerintah dan para operator mulai membahas rancangan aturan tersebut kemarin.

Alhasil, parpol wajib menyediakan sendiri data nomor telepon yang dikirimi SMS kampanye. “Kami sudah menyelesaikan draf Peraturan Menteri soal SMS kampanye. Haram hukumnya bagi operator memberikan nomor pelanggan ke parpol,” kata Gatot S Dewa Broto, Juru Bicara Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi, Departemen Komunikasi dan Informatika, Rabu (6/8).

Selain larangan menyerahkan nomor pelanggan, operator wajib dan berhak menghentikan kerja sama dengan parpol jika ada pelanggaran aturan. “Pelanggaran itu bisa saja menyangkut isi kampanye yang menyeleweng,” katanya.

Bukan hanya SMS, draf rancangan Permen Kominfo itu juga menyasar ke voice (suara), internet, serta sarana dan prasarana multimedia telekomunikasi lainnya, “Aturan itu lebih luas,” ujar Gatot.

Kendati begitu, rancangan permen itu belum final. “Pada Rabu (13/8) depan, memasuki proses dengar pendapat dengan publik,” imbuhnya.

Direktur Marketing PT Indosat Guntur S Siboro mendukung larangan pemberian data pelanggan ke parpol. “Itu demi perlindungan pelanggan,” katanya. Pada dasarnya, Indosat juga tidak setuju dengan penggunaan SMS untuk kampanye. (Purwadi)

Mei 31, 2009 - Posted by | Manajemen Sarana dan Prasarana

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: